Soal Akidah Akhlak Kelas 4 Bab 1 Indahnya Kalimat Tayyibah

0
Soal Akidah Akhlak Kelas 4 MI Bab 1 Indahnya Kalimat Tayyibah

Ustadzmu.com - Soal Akidah Akhlak Kelas 4 Bab 1 Indahnya Kalimat Tayyibah. Pembaca Ustadzmu.com, berikut ini Ustadzmu.com sajikan contoh soal mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester 1 (ganjil). Kali ini ustadzmu.com sajikan Soal Akidah Akhlak Kelas 4 Bab 1 Indahnya Kalimat Tayyibah lengkap dengan kunci jawabannya.

Contoh Soal Akidah Akhlak Kelas 4 Bab 1 Indahnya Kalimat Tayyibah

1. Mengapa kamu mengucapkan subhanallah ketika mendengar suara petir?

Jawaban:
Kalimat “Subhanallah” yang mempunyai arti Maha Suci Allah. Secara bahasa ungkapan subhanallah berarti aku menyucikan Allah dari sifat-sifat yang tidak layak untuk-Nya.
Apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi senantiasa bertasbih kepada Allah, Maharaja, Yang Maha Suci, Yang Maha perkasa, Maha Bijaksana.

Dari ‘Ikrimah mengatakan bahwasanya Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma tatkala mendengar suara petir, beliau mengucapkan,

سُبْحَانَ الَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ

”Subhanalladzi sabbahat lahu” (Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya).

Apabila ’Abdullah bin Az Zubair mendengar petir, dia menghentikan pembicaraan, kemudian mengucapkan,

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

“Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihi wal mala-ikatu min khiifatih” (Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya). Kemudian beliau mengatakan,

إِنَّ هَذَا لَوَعِيْدٌ شَدِيْدٌ لِأَهْلِ الأَرْضِ

”Inilah ancaman yang sangat keras untuk penduduk suatu negeri”. (Disebutkan oleh Imam Bukhari dalam Adabul Mufrod)

Bertasbih artinya mengakui keagungan Allah Swt. tidak ada yang berkuasa selain Allah Swt dan mengakui kelemahan serta keterbatasan kita sebagai manusia yang tidak memiliki daya dan kekuatan.

2. Kapankah waktu yang tepat mengucapkan kalimat Masya Allah ?

Jawaban:
Kalimat Masya Allah diucapkan ketika melihat sesuatu atau kejadian yang indah maupun menakjubkan, Contohnya, ketika melihat bangunan yang indah dan megah, memasuki kebun yang cantik, teknologi yang canggih, prestasi yang membanggakan, fisik yang kuat, melihat bangunan yang indah dan megah, keindahan pemandangan alam, orang yang cantik atau tampan, serta mukjizat-mukjizat, dan karomah.

3. Mengapa kalimat Allahu Akbar sering diteriakkan oleh para pahlawan yang berjuang melawan penjajah?

Jawaban:
Allahu Akbar juga sering diteriakkan oleh pahlawan yang berjuang menegakkan agama Allah Swt, misalnya para pahlawan yang melawan penjajah Belanda. Teriakan Allahu Akbar dapat membangkitkan semangat juang melawan kezaliman.

Allahu Akbar artinya Allah Maha Besar yang disebut juga bacaan takbir. Allah Swt adalah Zat Yang Maha besar. Penciptaan alam semesta dan seluruh isinya telah cukup menjadi bukti kebesaran Allah Swt. Mengagungkan kebesaran Allah Swt menjadi kewajiban setiap muslim. Mengingat kebesaran Allah Swt dapat menghindarkan manusia dari sifat sombong.

4. Apa hikmah yang kita peroleh ketika mengucapkan kalimat tayyibah Subhanallah?

Jawaban:
Hikmah mengucapkan kalimat Subhanallah diantaranya adalah:
- mendapat pahala dari Allah
- membuat kita semakin dekat dengan Allah
- makin dicintai Allah karena ucapan Subhanallah merupakan salah satu kalimat yang dicintaiNya
- mempertebal keimanan kita kepada Allah
- menjauhkan kita dari perbuatan syirik.

5. Mengapa ketika kita melihat hal yang baik dan indah mengucapkan Masya Allah?

Jawaban:
Kalimat Masya Allah diungkapkan untuk menunjukkan kekaguman seseorang atau kejadian yang digunakan sebagai ekspresi penghargaan. Sementara dalam waktu yang sama juga sebagai pengingat bahwa semua pencapaian bisa terjadi karena kehendak Allah Swt.

Demikian postingan Ustadzmu.com tentang Contoh Soal Akidah Akhlak Kelas 4 Bab 1 Indahnya Kalimat Tayyibah Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)